|    GERAKAN MELINDUNGI HAK PILIH 1 S.D 28 OKTOBER 2018   |    
Hari
Jam
Menit
Detik
Menuju Pemilu Serentak 2019


Bootstrap Slider

Agenda Hari ini

17-10-2018
KETUK SERIBU PINTU

APEL KETUK SERIBU PINTU Lapangan Takraw PKK Pkl 08.00 Wita

Polling

Link





 

Berita

KPU SELAYAR DAN DISDUKCAPIL HADIRI DENGAR PENDAPAT DI DPRD



Benteng, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Selayar dari Komisi I melakukan rapat kerja/dengar pendapat bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta KPU Kepulauan Selayar terkait realisasi perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik dan Data Penduduk yang belum memiliki KTP-E, Senin (26/3) bertempat di ruang rapat Komisi I.

Tampak hadir dalam giat ini ketua Komisi I, Adi Ansar, S.Hut, MM.Pub bersama anggota Komisi I, Hj. Norma Syahrir Wahab, Hj. Eni Zainuddin, H. Andi Idris, Muh. Ardi, S.Sos, Muh. Sukri, Muh. Anas Kasman. Sementara dari Disdukcapil hadir Kepala Dinas, Andi Patonrangi Pasbal, S.STP, didampingi oleh Sekretaris dan dari KPU Kepulauan Selayar dihadiri oleh Ketua, Hasiruddin bersama dengan Kasubag Program dan Data, Andi Usman, SE.

Rapat dengar pendapat yang dilakukan tersebut membahas realisasi perekaman KTP Elektronik dan pemilih yang belum memiliki KTP-E. “Kita berharap pada saat pemungutan suara baik di Pilgub 2018 dan Pileg serta Pilpres 2019 tidak ada lagi penduduk yang tidak terdaftar, kalau bisa semuanya sudah menggunakan KTP-E, tidak lagi memakai Suket” kata Adi Ansar.

Pasca penetapan Daftar Pemilih Sementara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Suawesi Selatan Tahun 2018 pada tanggal 14 Maret 2018 yang lalu, dari 89.112 pemilih, masih terdapat 15.326 orang yang belum memiliki KTP-E.

“Penduduk yang belum memiliki KTP Elektronik ini ada 2 kategori, penduduk yang belum dipastikan memiliki KTP-E dan yang tidak memiliki KTP-E” terang Hasiruddin, Ketua KPU Kepulauan Selayar.

Berdasarkan keterangan dari Ketua KPU Kepulauan Selayar, data penduduk baik yang belum dipastikan memiliki KTP-E maupun penduduk yang tidak memiliki KTP-E didapatkan saat Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) melakukan coklit dari tanggal 20 Januari sampai dengan 18 Februari 2018.

“bagi penduduk yang ketika didatangi oleh PPDP mengakui sudah memiliki KTP-E atau sudah melakukan perekaman tetapi tidak dapat menunjukkan kepada petugas kami maka dikategorikan sebagai pemilih yang belum dipastikan memiliki KTP-E” lanjut Hasiruddin.

Dari 15.326 orang pemilih yang disampaikan oleh KPU Kepulauan Selayar kepada Disdukcapil, terdapat 7.970 orang yang sudah melakukan perekaman KTP-E namun belum dilakukan pencetakan dan sekitar 7.356 orang yang belum melakukan perekaman.

“Blanko KTP-E yang tersedia sekarang masih cukup, namun belum dapat dilakukan pencetakan karena terkendala pada koneksi server Kemendagri yang terputus, olehnya itu diharapkan kepada anggota DPRD kiranya dapat dilakukan pendampingan ke Kemendagri untuk menyelesaikan masalah tersebut” harap Taufan Muhtar, sekretaris Disdukcapil Kepulauan Selayar.

Banyaknya penduduk di Kabupaten Kepulauan Selayar yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik menjadi tantangan tersendiri bagi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kepulauan Selayar. Mengatasi masalah tersebut, Disdukcapil telah melakukan berbagai cara salah satunya dengan sistem jemput bola yang diakronimkan SIJEMPOL.

“Meskipun kami telah mendatangi tiap desa dan kelurahan, masih banyak penduduk kita yang tidak melakukan perekaman karena terkendala pada kurangnya kesadaran dari masyarakat itu sendiri dalam memiliki identitas kependudukan” jelas Andi Patonrangi saat memberikan keterangan di depan anggota Komisi I.

Sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2018, perbaikan daftar pemilih sementara dilaksanakan pada tanggal 3 sampai dengan 7 April 2018 dan penetapan Daftar Pemilih Tetap akan dilaksanakan pada tanggal 19 April 2018.

"Kalau bisa, sebelum ditetapkannya DPT, semua penduduk di Kepulauan Selayar sudah melakukan perekaman, olehnya itu diharapkan kepada Bupati Kepulauan Selayar melalui Asisten Pemerintahan yang hadir sekarang, kiranya dapat dibuatkan surat kepada para Camat, Kepala Desa Desa dan Lurah agar dapat mengarahkan masyarakat di wilayahnya masing-masing untuk aktif melakukan perekaman saat petugas dari Disdukcapil datang" tutup Adi Ansar.



Posted By: B2/MediaCentre Tanggal : 26-03-2018 Dibaca : 455 kali
 




Agenda Kegiatan

Alamat Kantor

Jl. Jend. Ahmad Yani No. 12, Benteng, Kepulauan Selayar 92812

Mail:kpu_ksly@gmail.com
Phone:(0414) 22341
Fax:(0414) 22341
Official Website:http://kpu-kepulauanselayarkab.go.id

Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah lembaga Penyelenggara Pemilu yang bersifat nasional, tetap, dan mandiri yang bertugas melaksanakan Pemilu.

Copyright © 2014 Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Selayar. All right reserved